Secara umum Global Configuration Virtuemart menggunakan Setting Global Configuration website Joomla anda.  Tindakan yang anda lakukan pada saat setting global Configuration Web Joomla akan berpengaruh pada sistem kerja component Virtuemart.  Setting Global Configuration yang salah bisa menimbulkan error pada virtuemart atau shopping cart tidak berjalan dengan semestinya.
Jadi dalam menggunakan virtuemart  sebagai komponen toko online anda harus memperhatikan setting Global Configuration Web Joomla anda. 

Perhatikan setting Global Configuration untuk user website Joomla yang benar agar virtuemart bisa berjalan normal:
1. Allow User Registration harus anda pilih opsi “Yes”. Hal ini berarti memungkinkan pengunjung bisa melakukan registrasi di website. Registrasi ini diperlukan pada saat proses checkout pada virtuemart.  Pengunjung bisa memberikan data Shipping atau mendapatkan fasilitas Registered member pada virtuemart dimana ia bisa melacak histori transaksi,update profil, dll. Sebaliknya jika anda menggunakan opsi “No” maka proses checkout  tidak bisa dilanjutkan karena setiap proses checkout selalu membutuhkan data alamat untuk pengiriman (Shipping).
2.   Use New Account Activation harus anda setting “No”.  Setting ini digunakan untuk aktifasi akun baru secara otomatis tanpa campur tangan user dan admin. User tidak perlu mengecek email mereka untuk mengkonfirmasi link  agar bisa melanjutkan proses checkout.

Tips:
Poin (1) & (2) bisa dilakukan melalui menu “Users” >> pilih submenu “User Manager” >> Klik icon “Options

4 setting global configuration joomla untuk virtuemart

 

Selanjutnya akan muncul popup seperti gambar dibawah ini. Lakukan konfigurasi,jika sudah selesai klik tombol “Save” atau “Save & Close“.

4 setting global configuration joomla untuk virtuemart

3.    Mail Configuration digunakan untuk mengkonfigurasi pengiriman email. Konfigurasi ini digunakan virtuemart untuk mengirimkan email konfirmasi pembuatan akun,email order, atau newsletter kepada pelanggan.

4 setting global configuration joomla untuk virtuemart

4.  SEO Settings >> Search Engine URLs – disarankan  di setting “Off” untuk menghindari Error “URL redirection limit exceeded” atau “Internal Server Error” yang kadang muncul .

4 setting global configuration joomla untuk virtuemart

Poin (3) dan (4)  bisa dilakukan melalui menu Administrator “Site” >>pilih submenu “Global Configuration” >> pilih kotak SEO Settings.

Artikel Terkait: