0817 5011 058
Available Telp/SMS/WA

Cara Install WordPress secara Manual

Install WordPress bisa dilakukan dengan dua cara. Cara Pertama, adalah instalasi secara Manual. Cara ini dilakukan dengan proses upload file ke server hosting melalui FTP dan atau File Manager di CPanel Hosting. Instalasi wordpress secara manual membutuh waktu lebih lama dan proses lebih panjang.

Anda harus mendownload file wordpress versi terbaru di situs resmi WordPress.

Proses instalasi yang harus dilakukan adalah:

  1. Buat Database untuk WordPress anda melalui CPanel Hosting
  2. Upload file download wordpress melalui  FTP atau bisa juga melalui File manager di CPanel Hosting >> Pilih File Manager >> Upload. 
  3. Extract file zip ke Root Direktori Instalasi, apakah akan diinstall ke Main Domain atau sub domain.
  4. Rename File wp-config-sample.php menjadi wp-config.php. Kemudian Edit file tersebut. Yang anda lakukan adalah mengedit pada bagian Nama Database,Username dan password database. Lihat pada video tutorial.
  5. Buka tab browser dan masuklah ke halaman utama instalasi WordPress. Sebagai contoh: www.domainanda.com.
  6. Ikuti proses pada jendela installer WordPress.

Anda bisa melihat detail instalasi wordpress secara manual melalui video tutorial di bawah ini:

{youtube}aF0B8G7EIZQ{/youtube}

Cara Kedua  adalah Instalasi menggunakan Fantastico deluxe atau Softaculous. Cara ini lebih cepat. Pembuatan database,pengkoneksian database,dan instalasi dilakukan secara otomatis. Kekurangannya adalah wordpress yang terinstall pada Fantastico atau Softaculous bisa jadi masih menggunakan wordpress versi yang lama. Anda harus melakukan upgrade untuk wordpress termasuk upgrade plugin dan template. Secara detail, proses instalasi wordpress via Fantastico bisa anda lihat pada video tutorial di bawah ini:

{youtube}jj5ewG9ttiw{/youtube}

Livechat Via Whatsapp