Email
support@kursuswebpro.com
0817 5011 058
Available Telp/SMS/WA

Cara Menggunakan rel=”nofollow” untuk SEO

Kursus Website Toko Online

Kursus Website Toko Online

Pemakaian Atribut “rel=nofollow” seringkali dijumpai pada tag link sepertinya contoh <a href=”www.weblain.com” rel=”nofollow”>. Tujuan penambahan atribut rel=”nofollow” atau rel=”dofollow” adalah memberi tanda dan perintah pada robot Search engine supaya tidak merambah ke link tersebut dan tidak memberi nilai index pada tautan link yang diberi atribut itu. Biasanya atribut ini dipakai untuk link yang keluar dari website kita. Sedangkan link-link internal tidak perlu ditambahkan atau dipakaikan atribut tersebut karena biasanya sudah secara otomatis link yang tidak ada atribut “nofollow” akan dianggap search engine sebagai link yang bernilai “dofollow”.

Penambahan atribut “nofollow” pada link keluar adalah penting untuk SEO. Ketika anda membuat dan menambahkan link ke suatu website yang memiliki pagerank dan reputasi tidak baik di Search Engine dan tidak menambahkan nilai atribut “nofollow” pada link tersebut maka pastinya akan berpengaruh besar pada penilaian Search Engine terhadap website anda.  Sebaiknya anda membatasi penggunaan link keluar di halaman web anda. Banyak pakar SEO berpendapat bahwa terlalu banyak penggunaan link keluar akan menurunkan nilai index website Anda.  Dan sebaliknya semakin banyak link masuk mengarah ke website anda maka akan semakin bagus nilai SEO website anda.

Ditambahkan lagi apabila anda mendapatkan link dari website lain yang memiliki pagerank tinggi dan nilai atribut link yang mengarah ke website anda adalah “dofollow” berarti anda sangat diuntungkan sekali. Pastinya search engine akan memberi nilai tambah di index pencarian.

Sebagian orang membeli backlink untuk tujuan menaikkan ranking website dengan cepat meski harus mengeluarkan biaya besar. Bisa saja, tapi anda harus waspada dan tahu darimana sumber link dan atribut link yang diberikan “nofollow” atau “dofollow”. Tipsnya  adalah anda harus cermat pada saat anda membeli backlink, jika tidak cermat bukan untung tapi buntung yang anda dapatkan. Website yang sudah anda bangun bisa terkena pinalti dari Search Engine karena pelanggaran kaidah SEO yang sudah ditentukan.

Makanya inilah pentingnya anda mengerti penggunaan atribut “rel=” pada link. Jangan sampai anda salah memberikan nilai atribut pada link-link website yang anda buat baik itu di halaman website anda atau link yang anda buat pada waktu anda komentar di blog orang lain atau manambahkan signature forum.

Artikel Terkait:

Livechat WA