0817 5011 058
Available Telp/SMS/WA

Cara Setting Pengiriman Email di Toko Online Opencart

kursus website toko online

Dalam sistem toko online Opencart, fungsi email berperan untuk pengiriman notifikasi untuk customer terkait order, account customer baru, kontak, dll.  Pertama kali yang harus dilakukan setelah melakukan instalasi Opencart adalah anda harus mensetting sistem email agar pengiriman email bisa berjalan normal. Jika anda tidak melakukan setting sistem email dengan baik dapat dipastikan email-email notifikasi dan order tidak akan terkirim.

Pertama kali yang harus anda siapkan adalah Private Email Address yang bisa anda buat melalui CPanel Hosting. Private Email Address adalah Email dengan nama domain sendiri. Misalkan anda menginginkan email yang diterima customer nantinya adalah sales@domainanda.com. Anda harus membuat nama email  dan akun untuk akses webmail tersebut. Catat nama email dan akun yang sudah anda buat.

Opencart menggunakan 2 sistem email untuk pengiriman email ke Customer yaitu Mail dan SMTP. Mail adalah pengiriman email default dari sistem Opencart dengan fungsi standart PHP mail function(). 

Mail Protocol Default Opencart sangat tergantung pada setting konfigurasi di server yang digunakan menginstall Opencart. Jika kondisinya Server tidak melakukan konfigurasi mail function maka email tidak akan terkirim secara otomatis dari Opencart. Nah untuk mengatasi masalah tersebut saya menyarankan anda menggunakan protocol pengiriman email  menggunakan SMTP.

Keuntungan menggunakan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah email yang terkirim biasanya tidak terfilter sebagai email spam di inbox email customer.

Selanjutnya mari kita melakukan setting sistem email di toko online Opencart

1. Login ke area Dashboard Opencart >> pilih menu “Setting“. Checklist pada Store Default dan klik icon “Pensil” untuk mengedit setting toko online Opencart anda.

kursus website toko online

2. Pada jendela Setting, pilih tab “Email

kursus website toko online

3. Isikan parameter yang dibutuhkan.

kursus website toko online

  • Mail Protocol: Pilih SMTP
  • Mail Parameter: Kosongkan untuk nilai default.
  • SMTP Hostname: ketikkan “mail.domainanda.com”.
  • SMTP Username: isikan dengan private email address yang sudah anda buat di atas. Misal: sales@domainanda.com, jika anda ingin menggunakan pengiriman email dari email tersebut
  • SMTP Password: Ketikkan password untuk akses email: sales@domainanda.com
  • SMTP Port: Isikan dengan nilai default 25
  • Additional Alert Email: isikan alamat email lain untuk cc notifikasi.

4. Klik tombol “Save” untuk menyimpan setting email yang sudah anda lakukan.

Tips: Jika anda mengalami kesulitan  mengisi poin 1-7, anda bisa meminta bantuan pihak hosting untuk membantu menngisikan data-data yang dibutuhkan.

Untuk mengecek fungsi email pada toko online Opencart, cobalah untuk melakukan simulasi order barang. Cek email notifikasi ke Customer dan Email Admin anda. Jika setting anda sudah benar maka email akan terkikirim dengan baik.

Selamat mencoba..

Artikel Terkait: